Sunday, 30 September 2012

It's Your Time to Know Libre Office!





Libre Office merupakan salah satu software open source pengolah dokumen. Libre Office dapat berdiri di platform mana saja, baik itu Windows, Macintosh, maupun Linux. Software ini menyajikan 6 macam program pengolah dokumen, seperti text document, spreadsheet, database, presentation, drawing, & formula. Bila dilihat selintas Libre Office tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office yang berdiri di platform Windows, namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Libre Office ini. 

Pertama - It's free! Sama seperti software open source lainnya, kamu   dapat mengunduh Libre Office dengan bebas dan tidak dikenakan biaya.

Kedua - No Language Barriers. Ternyata eh ternyata salah satu permasalahan dalam software ialah faktor bahasa. Hal yang sangat sepele namun penting ini memegang peranan sebagai penghubung komunikasi antara user dan software. Beberapa software ternyata disajikan hanya menggunakan bahasa Inggris saja. Memang tidak salah, namun hal ini menjadi masalah terutama bagi para pengguna yang kurang fasih berbahasa Inggris. Untunglah, Libre Office tersaji dalam banyak bahasa.

Ketiga - LGPL Public License. Apa itu LGPL? Ok, yang saya pahami setelah membaca beberapa sumber terkait ialah sebuah lisensi free software yang diluncurkan oleh Free Software Foundation (FSF) yang dirancang sebagai bentuk kerjasama antara General Public License (GPL) dan sebuah lisensi permissive macam BSD License dan MIT License. 

Lalu?

Baiklah. Akan saya lanjutkan. Jadi LGPL dapat dihubungkan pada sebuah program yang tidak memiliki lisensi LGPL, biasanya terjadi pada free software. Bila syarat-syarat yang diizinkan untuk memodifikasi untuk kebutuhan pribadi terpenuhi, maka...

Intinya sih, lisensi LGPL dikenakan kepada software yang dapat dikonsumsi seperti biasa atau dapat dimodifikasi sekehendak user.

Keempat - Pengguna Libre Office itu banyak. Hampir seperti konsumen ikan asin, mereka tersebar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Dan lagi, Libre Office telah melalui berbagai macam tes keamanan, sehingga membuat kita sebagai user merasa aman dan nyaman.

Kelima - Interface Libre Office itu mudah. Bila kita telah terbiasa menggunakan Microsoft Office, maka dalam Libre Office, user akan cepat beradaptasi karena tampilan-tampilannya tidak berbeda jauh dengan Microsoft Office.

Keenam : Libre Office memiliki format file yang sama dengan format dokumen lain pada umumnya, sehingga kita dapat meng-import file dari Office dan juga sebaliknya. 

Last but not Least: It's free! 

Note : Ada baiknya kamu mencari tahu segala hal tentang LGPL, karena apa yang saya rasakan saat ini adalah tulisan LGPL yang dikelilingi tanda tanya yang memenuhi ruang kepala saya. Satu lagi, saya tidak yakin ikan asin menjadi favorit di negara lain, jadi tidak usah dipikirkan.

Dikutip dari www.libreoffice.org   

No comments: