Wednesday 19 September 2012

5 W + 1 H tentang Ubuntu



What?

Ubuntu merupakan salah satu operating sistem yang banyak digunakan orang di berbagai belahan dunia. Nama Ubuntu itu sendiri berasal dari Afrika yang berarti 'humanity to others' atau 'kemanusiaan untuk sesama'. Ubuntu juga mempunyai makna lain yaitu 'I am what I am because of who we all are'.
Tepat, saya agak sulit menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi bukan masalah, kita kembali lagi ke Ubuntu. 

Who?

Mark Shuttleworth merupakan orang yang paling berjasa dalam penciptaan Ubuntu ini. Beliau membuat dan mengumpulkan para developer dalam proyek softwarenya-Debian, yang selanjutnya melucurkan sistem operasi Ubuntu ini.


Why?

Mark Shuttleworth berpikir mengapa software tidak berbayar alias gratis belum mampu menyentuh dan menjadi bagian dari masyarakat. Untuk itulah Ubuntu diciptakan agar dapat menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat dunia.

Banyak masyarakat di dunia yang sudah menggunakan Ubuntu. Hal ini terjadi karena mudahnya pengoperasian OS tersebut. Mungkin bagi sebagian orang yang terlanjur menggunakan OS seperti Windows, akan mengatakan lebih mudah mengoperasikan Windows daripada Ubuntu, padahal itu semua bergantung kepada budaya masing-masing. Namun yang pasti, bagi orang-orang yang senang mencari dan mencoba sesuatu yang baru, Ubuntu sudah menjadi barang wajib untuk dieksplorasi dan dikaji sedemikian rupa.

When?

Pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2004 dengan nama 'Warthy Warthog' yang langsung menarik minat masyarakat di berbagai penjuru dunia, khususnya bagi para pengguna perangkat komputer. Di tahun yang sama pula muncul antusiasme dan simpatisan dalam komunitas pengguna Ubuntu yang meningkat secara pesat.



Where?

Kamu dapat mengunjungi websitenya di www.ubuntu.com dan mendapatkannya secara gratis. Baru - baru ini Ubuntu mengeluarkan versi 12.04 yang bersifat LTS (Long terms Support) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server.


How?

Mendapatkan OS Ubuntu sangatlah mudah. Kamu dapat mengunjungi situsnya di www.ubuntu.com dan mengunduhnya secara gratis! 

Ubuntu pun menawarkan berbagai fasilitas yang tidak kalah menarik dengan OS lainnya, sehingga mampu memanjakan para penggunanya. Dan sekali lagi, Ubuntu ini FREE!

Sumber :

2 comments:

Anonymous said...

Pembahasannya menarik, walaupun singkat tapi jelas.. makasih kaka atas pencerahannya :)

The Journal said...

Sama-sama :)